Minggu, 03 Juli 2011

INFO (FESTIVAL DI MANGA)

FESTIVAL DI MANGA
1.HINAMATSURI

dirayakan setiap:3 maret
Hinamatsuri adalah festival boneka,pada hari itu smua keluarga yg memiliki anak cewek memajang boneka yg memakai kimono.
Boneka itu disusun satu set diatas rak.
Boneka itu terdiri dari:boneka raja,ratu,menteri,pelayan,&pemusik dikerajaan.
Deretan boneka ini diyakinin memiliki kemampuan melawan kekuatan jahat.
Festival ini juga biasa disebut Festival Anak Cewek.

2.HANAMI

dirayakan setiap:akhir maret sampai awal april
Jepang terkenal dgn bunga sakuranya.masalahnya bunga ini gak tumbuh sepanjang tahun.umurnya sangat pendek,hanya seminggu.Sakura akan tumbuh sekitar akhir maret sampai awal april,dengan begini,orang-orang biasa bikin rencana utk merayakanya.pada saat itu smua orang piknik dibawah bunga sakura utk menikmati keindahannya

3.TANABATA

dirayakn setiap:7 juli atau 7 agustus
Tanabata adalah perayaan bintang dijepang,festival ini diadakan utk merayakan pertemuan tokoh legenda Orihime dan Hikiboshi.
Menurut cerita rakyat cinta merek berdua dipisahkan oleh sungai bintang galaksi bimasakti.Orang-orang merayakan Tanabata dgn menulis permohonan dikertas kecil bernama Tanzaku,selanjutnya kertas itu digantung di bambu bersama hiasan lainnya.bambu&hiasan itu biasanya dihanyutkan atau dibakar setelah festival.Perayaan Tanabata disetiap daerah di jepang berbeda-beda.

4.KODOMO NO HI

dirayakan setiap:5 mei
Kodomo no hi artinya Hari Anak-Anak.Ini adalah hari utk menghormati sifat anak-anak&merayakan kebahagiaan mereka.Festival ini juga dikenal sbg Festival Anak Cowok.
pada hari ini setiap keluarga menaikkan bendera koinobori(bendera bentuk ikan koi),satu boneka utk satu anak cowok.Selain itu boneka kintarou(pahlawan jepang)&helm tradisional jepang bernama kabuto dipajang.

5.O-BON

dirayakan:13 juli sampai 15 juli
O-bon adalah perayaan utk menghormati arwah leluhur.pada hari ini orang-orang menarikan tarian Bon Odori bersama-sama.Tarian ini diiringi berbagai macam musik,dari musik klasik sampai musik tradisional.tadinya ini slah satu festival agama budha,tapi belakangan perayaan ini diadakan hanya utk hiburan merayakan musim panas.

Tidak ada komentar: